Sukses

VIDEO: Korban Tewas Akibat Banjir dan Longsor Jateng 51 Jiwa

Korban terbanyak berada di Purworejo. Sebanyak 35 tewas, 9 masih dalam pencarian, dan 11 lainnya menderita luka-luka.

Liputan6.com, Purworejo - Pencarian korban yang tertimbun material longsor kembali dilanjutkan di Desa Donoratih dan Karangrejo, Purworejo, Jawa Tengah pagi tadi. Pencarian dilakukan secara manual karena kendaraan maupun alat berat lainnya tidak bisa menembus lokasi longsor.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (21/6/2016), korban banjir dan longsor di Jawa Tengah hingga saat ini mencapai 51 jiwa yang meninggal dunia, 9 hilang, dan 14 luka-luka.

Korban terbanyak berada di Purworejo, yakni sebanyak 35 tewas, 9 masih dalam pencarian, dan 11 lainnya menderita luka-luka.

Sementara itu, longsor di lima desa di Purworejo membuat 41 rumah tertimbun, 19 rumah rusak berat, dan tiga jembatan juga rusak.

Untuk membantu warga korban longsor dan logistik para relawan, tim dari PMI hari ini membuat posko dapur umum. Di dekat lokasi longsor juga didirikan pos DVI (Disaster victim investigation) untuk mempermudah identifikasi bila kembali ditemukan korban.

Bencana tanah longsor di sejumlah titik di Purworejo, Jawa Tengah, akibat curah hujan yang tinggi dan maraknya alih fungsi lahan di lereng perbukitan menjadi permukiman warga. Lereng bukit menjadi tidak kuat lagi menahan arus air dari atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.