Sukses

VIDEO: Mengintip Khusuknya Ibadah Ramadan di Kampung Mualaf

Para mualaf meningkatkan ibadah dengan belajar mengaji dari santri setempat di bulan Ramadan ini.

Liputan6.com, Blitar - 700 Kepala keluarga dari lima agama yang berbeda, hidup rukun berdampingan di Dusun Sekar Gadung, Desa Balerejo, Kecamatan Pangungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (23/6/2016), kampung ini dinamai Kampung Mualaf, yang membuat dusun ini menjadi fenomena. Puluhan warga ramai-ramai memeluk agama Islam sejak tahun 1990 silam.

Di bulan suci Ramadan ini, para mualaf meningkatkan ibadah dengan belajar mengaji dari santri setempat.

Sama halnya yang dilakukan para mualaf Suku Tengger di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur, di bulan yang suci ini mereka meningkatkan pengetahuan keislaman, mulai berlajar bersuci, salat, tadarus, hingga seni hadrah rabbana.

Desa Argosari sendiri terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di puncak kaldera tinggi Gunung Bromo. Di wilayah yang mayoritas beragama hindu ini, sekitar 30 mualaf tetap khusuk menjalankan ibadah.

Bagi para mualaf dan seluruh umat muslim, bulan Ramadan memang menjadi ajang untuk mempelajari ilmu agama Islam dengan sebaik-baiknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.