Sukses

Sosok Minggu Ini: Ahmad Zamroni, Sang Pendiri Kampung Sinaoe

Dibantu sang istri, Ida Nurmala. Zamroni memberikan pelajaran tambahan berupa pelajaran bahasa Inggris, komputer dan pendidikan keagamaan.

Liputan6.com,Sidoarjo - Prihatin dengan pendidikan di kampungnya, seorang warga di Sidoarjo, Jawa Timur, membuka lembaga pendidikan gratis bagi anak kurang mampu dan kaum duafa. Kampung Sinaoe namanya.

Kampung Sinaoe atau kampung belajar terletak di Desa Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Tempat ini selalu sibuk dengan kegiatan belajar-mengajar. Namun, ada yang berbeda pada Ramadan ini.

Bertema ‘English for Ramadan’, anak-anak dan para remaja yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur ini setiap hari belajar Bahasa Inggris. Mereka juga belajar mengkaji tafsir makna Alquran menggunakan Bahasa Inggris, dilanjutkan dengan mendiskusikannya. 

Sosok di balik berdirinya Kampung Sinaoe ini adalah Ahmad Zamroni. Sejak 2007, dia membangun lembaga pendidikan yang diberi nama Kampung Sinaoe Al Falah Islamic Course.

Dia dibantu sang istri, Ida Nurmala untuk mengembangkannya.

Zamroni memberikan pelajaran tambahan berupa pelajaran Bahasa Inggris, komputer dan pendidikan keagamaan terutama ahlak secara gratis. Pesertanya tak hanya warga sekitar, tapi juga dari daerah lain.

Banyak kendala yang dihadapinya saat awal Kampung Sinaoe berdiri. Kini, Kampung Sinaoe berkembang besar dengan 600 anak didik dari anak-anak hingga dewasa. Mereka memiliki 19 tenaga pengajar. Warga sekitar pun mulai merasakan manfaat Kampung Sinaoe.

Ahmad Zamroni berharap tempat itu bisa memberi manfaat sebanyak-banyaknya untuk masyarakat.

Saksikan kisah perjuangan Ahmad Zamroni selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (26/6/2016), di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.