Sukses

VIDEO: Inilah Jembatan Gantung Berlantai Kaca Terpanjang di Dunia

Dengan panjang 430 meter dan lebar enam meter, jembatan gantung berlantai kaca membentang di atas Lembah Zhangjiajie, Hunan, China.

Liputan6.com, Hunan - Dengan panjang 430 meter dan lebar enam meter, jembatan gantung berlantai kaca membentang 300 meter di atas Lembah Zhangjiajie, Provinsi Hunan, Republik Rakyat China, menghubungkan dua sisi tebing.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (27/6/2016), proyek senilai sekitar Rp 526 miliar itu memang bukan ditujukan bagi mereka yang takut ketinggian.

Sebagian pengunjung mengaku awalnya tak merasa takut. Namun, setelah berada di tengah dan menyadari betapa tingginya jembatan itu dengan melihat melalui lantai kaca ke dasar jurang, mereka rata-rata gemetar dan vertigo karena takut jatuh.

Apalagi dengan konstruksi jembatan gantung bersuspensi, jembatan akan terasa bergoyang saat pengunjung lainnya berjalan.

Jembatan itu dirancang arsitek Israel Haim Dotan dan diklaim memecahkan sepuluh rekor dunia yang berbeda. Salah satunya, jembatan untuk bungee jumping tertinggi di dunia.

Menggantung di antara dua tebing batu, setiap panel kaca jembatan itu mampu menahan berat 30 orang sekaligus.

Untuk membuktikan kekuatan lantai kaca jembatan itu dan menenangkan para pengunjung yang ketakutan, pembuat jembatan pun menguji kekuatannya dengan menjalankan mobil berbobot dua ton melalui jembatan.

Sebanyak 30 orang juga diberikan kesempatan untuk berupaya memecahkan lantai kaca menggunakan palu besar. Meski retak, kaca tersebut sama sekali tak pecah.

Pembuat panel kaca menjamin, kaca tersebut masih mampu menahan bobot 30 orang yang melompat-lompat bersama sekaligus. Kekuatan itu dicapai dengan tiga lapisan kaca khusus setebal satu setengah centimeter yang disatukan hingga tetap melekat meski retak.

Jembatan itu rencananya akan resmi dibuka untuk umum pada akhir Juli mendatang.



**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.