Sukses

VIDEO: Para Ibu di Jombang Tak Yakin Vaksin Anaknya Asli

Banyak para ibu yang belum sepenuhnya yakin vaksin untuk anak mereka adalah asli.

Liputan6.com, Jombang - Meski peredaran vaksin palsu di Jawa Timur belum terungkap, kasus ini menyebabkan ibu-ibu di Kota Jombang resah. Mereka khawatir ekses vaksin palsu dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak-anaknya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (28/6/2016), masih banyak para ibu yang belum sepenuhnya yakin vaksin untuk anak mereka adalah asli.

Indarti misalnya, sempat khawatir saat titik bekas vaksin campak pada tubuh anaknya meninggalkan bekas.

"Katanya sih nggak apa-apa. Nanti dilihat dulu perkembangannya sampai satu atau dua minggu. Kalau sudah kempes nggak apa-apa," ujar dia.

Selain untuk menekan keresahan masyarakat, sekaligus mengungkap jaringan kasus vaksin palsu, kepolisian bersama BPOM dan Kementerian Kesehatan membentuk satuan tugas atau satgas. Polisi bahkan kembali meringkus seorang tersangka berinisial R.

Target satgas ini untuk mendeteksi sejauh mana sebaran vaksin palsu di Tanah Air serta membersihkan peredarannya di pasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.