Sukses

Kilas Indonesia: Bahu Jalan Tol Cipali Ambles 1 Meter

Tiang pancang penguat tebing bahkan jebol hingga membuat proses perbaikan Tol Cipali berjalan amat lamban.

Liputan6.com, Lumajang - Hujan deras yang mengguyur Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur menyebabkan banjir lahar di sejumlah sungai. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (28/6/2016).

Banjir ini juga menyeret dua alat tambang pasir di Sungai Rejali. Meski telah surut, alat berat itu belum juga bisa dipindahkan. Untuk itu BPBD setempat mendesak warga untuk meningkatkan kewaspadaan karena hujan diprediksi masih sering turun.

Sementara itu, akibat amblesnya permukaan jalan di Kilometer 103 Tol Cipali, Subang, Jawa Barat, permukaan bahu jalan itu turun hingga satu meter dari sebelumnya yang hanya 10 sentimeter. Tiang pancang penguat tebing bahkan jebol hingga membuat proses perbaikan berjalan amat lamban.

Di Kalimantan Timur, jalan utama antar-kabupaten di Berau masih terputus. Untuk mengatasinya pemerintah setempat membangun jembatan darurat. Akan tetapi bupati yang menggelar sidak, kesal lantaran pekerja dinilai lamban. Ia meminta pembuatan jalan selesai tiga hari sebelum Lebaran.

Di Sumatera Barat, Wakil Bupati Dharmasraya memergoki pembalakan liar di Kecamatan Sitiung. Amrizal menemukan kayu gelondongan berjejer di jalanan bersama ekskavator yang ditinggal pemiliknya.

Kawasan yang ditebang berasal dari hutan produksi terbatas Lubuk Bulang. Wakil Bupati memerintahkan bawahannya untuk menyerahkan pelaku pembalakan liar itu ke polisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.