Sukses

VIDEO: Menkes Akan Beri Imunisasi Gratis untuk Koban Vaksin Palsu

Menteri Kesehatan berjanji akan memberikan imunisasi dasar kepada masyarakat jika diduga menjadi korban vaksin palsu.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah ketidakpastian, masyarakat menandatangi petisi online meminta Kemenkes dan Polri mengumumkan rumah sakit dan klinik mana saja yang menerima produk vaksin palsu.

Kemenkes berjanji akan memberi vaksin gratis bagi penerima vaksin palsu, sementara BPOM justru menyalahkan masyarakat yang memilih vaksin murah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (29/6/2016), vaksin palsu diduga telah beredar di lima provinsi di Indonesia termasuk Yogyakarta. Ikatan Dokter Anak Indonesia Yogyakarta meminta masyarakat tidak panik dan menunggu hasil pemeriksaan polisi serta BPOM.

Masyarakat yang resah membuat petisi online yang ditujukan ke Kementerian Kesehatan dan Polri untuk mengumumkan rumah sakit dan klinik yang menerima vaksin palsu.

Hingga Selasa malam, petisi yang digagas Niken Rosady ini telah ditandatangani lebih dari 20 ribu orang.

Menteri Kesehatan berjanji akan memberikan imunisasi dasar bagi masyarakat jika diduga menjadi korban vaksin palsu.

Sementara BPOM menganggap enteng persoalan ini dan justru menyalahkan masyarakat.

Kekecewaan juga dilontarkan Komisi IX DPR saat meminta keterangan dalam rapat dengar pendapat dengan Menteri Kesehatan dan BPOM Senin lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.