Sukses

VIDEO: Jelang Lebaran, Ini Area Jakarta dan Bogor yang Terendam

Kawasan Kampung Arus, Cawang terendam banjir. Kondisi tersebut memaksa warga untuk tetap beraktivitas menggunakan rakit.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan rumah di permukiman padat penduduk Bukit Duri Tongtek, Jakarta Selatan masih terendam banjir. Kondisi ini membuat aktivitas warga terganggu, apalagi tengah bersiap menyambut Lebaran.

Kendati demikian bagi warga yang enggan mengungsi, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (4/1/2016), memilih untuk bertahan di atas loteng rumah mereka.

Sementara sebagian warga mengungsikan harta benda mereka di pinggir jalan termasuk puluhan sepeda motor.

Di kawasan Kampung Arus, Cawang juga ikut terendam banjir. Kondisi tersebut memaksa sejumlah warga untuk tetap beraktivitas di tengah genangan dengan menggunakan rakit sederhana agar dapat keluar dari rumah. Karena ketinggian air mencapai satu hingga satu setengah meter.

Banjir ini diakibatkan meluapnya aliran Kali Ciliwung seiring tingginya curah hujan yang mengguyur di kawasan hulu.

Banjir juga mengepung Perumahan Vila Nusa Indah, Bojong Kulur, Gunung Putri, kabupaten Bogor. Banjir datang sekitar pukul 3 dini hari saat warga tengah bersiap untuk santap sahur.

Banjir terjadi karena luapan Kali Cikeas dan tanggul turap yang rusak. Hingga dini hari tadi yang tersisa hanya lumpur tebal. Untuk membersihkan lumpur yang hampir mengisi seluruh sudut permukiman, hari ini sebagian warga bergotong-royong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.