Sukses

VIDEO: Buah Salak Kurma, Oleh-Oleh Lebaran dari Jember

Bagi yang kebetulan mudik ke wilayah Jember, Jawa Timur, oleh-oleh kurma salak bisa jadi pilihan untuk dibawa pulang.

Liputan6.com, Jember - Mudik tidak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan atau oleh-oleh. Bagi yang kebetulan mudik ke wilayah Jember, Jawa Timur, oleh-oleh kurma salak bisa jadi pilihan.

Biasanya buah kurma berasal dari daerah Timur Tengah. Tapi di Jember, buah kurma bisa ditemukan juga. Uniknya buah kurma ini terbuat dari buah salak.

Bagi yang kebetulan mudik ke wilayah Jember, Jawa Timur, oleh-oleh kurma salak bisa jadi pilihan untuk dibawa pulang.

Proses pengolahan kurma salak cukup sederhana. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (7/7/2016), tahap awal buah salak direbus dengan air gula selama dua jam. Setelah ditiriskan buah kurma kemudian di oven selama 48 jam hingga buahnya mengerut dan warnanya berubah kecokelatan.

Selain merubah tekstur buah salak hingga mirip buah kurma, proses pengovenan yang cukup lama tersebut juga bermanfaat sebagai bahan pengawet alami.

Bagi yang penasaran ingin mencoba kurma salak, dapat membelinya dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan Rp 10 ribu per bungkus bisa langsung mencicipinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.