Sukses

VIDEO: Syahbandar Yakin Masih Ada Kapal RI Tersandar di Filipina

KSOP Samarinda meyakini masih ada kapal lain berbendera Indonesia yang masih bersandar di Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Tunda Pasific Jaya 01 yang berangkat bersama tugboat Charles 01 berangkat ke Filipina, lolos dari sergapan separatis Filipina. Kapal Pasific Jaya pun tiba di Samarinda pada 8 Juli 2016 malam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (12/7/2016), nakhoda kapal terus berkoordinasi dengan Lantamal 8 di Tarakan dan tetap mengikuti jalur pelayaran yang ditetapkan.

Setelah tiga anak buah kapal disandera kelompok Abu Sayyaf dan Kapal Tunda Pasific Jaya 01 yang pulang ke Indonesia dengan selamat, dugaan pelayaran Kapal Tunda Charles melanggar jalur laut atau zona yang ditentukan pun kian bertambah kuat.

Sementara Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda, Kalimantan Timur meyakini masih ada kapal lain berbendera Indonesia yang masih bersandar di Filipina. Dugaan sementara kapal berangkat dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sementara pemerintah pusat tengah mempertimbangkan opsi penggunaan kapal pengangkut batubara yang lebih besar, agar tidak mudah disandera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.