Sukses

VIDEO: Terlibat Kudeta, 1.500 Personel Militer Turki Ditangkap

Selain menangkap 1.500 personel militer Turki, lima jenderal dan 29 kolonel juga diberhentikan dari jabatannya.

Liputan6.com, Istanbul - Sedikitnya 1.500 personel militer yang terlibat dalam upaya kudeta Turki ditangkap. Sementara lima jenderal dan 29 kolonel diberhentikan dari jabatannya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (16/7/2016), kudeta ini menelan 60 korban tewas. Sebagian besar warga sipil dan sebagian lainnya polisi yang terlibat baku tembak dengan tentara.

Pendukung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merayakan kesuksesan memukul mundur kelompok militer yang berupaya melakukan kudeta di Istanbul. Mereka mengibarkan bendera Turki.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armananta Nasir menyampaikan, 60 warga Indonesia yang sempat terjebak di Bandara Atatturk, Istanbul, dalam kondisi selamat.

Setelah pertempuran sepanjang malam, kini suasana di Istanbul kembali tenang. Beberapa warga sudah mulai beraktivitas pada Sabtu pagi.

Kendaraan berat juga dikerahkan untuk mengangkut truk militer dan tank yang ditinggalkan pasukan militer pemberontak setelah mereka menyerahkan diri.

Kudeta ini gagal setelah mendapat perlawanan dari rakyat Turki yang turun ke jalan-jalan. Selain itu, sebagian besar pasukan militer lainnya juga tidak mendukung kudeta tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.