Sukses

VIDEO: Warga Kesal Posko Vaksin RS Harapan Bunda Terlambat Buka

Satgas akan melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk memastikan apakah balita tersebut perlu divaksinasi ulang.

Liputan6.com, Tangerang - Puluhan orangtua balita yang anaknya divaksin di Rumah Sakit Harapan Bunda, Pasar Rebo, Jakarta Timur, sudah mendatangi posko pengaduan sejak pagi. Panasnya kondisi tenda posko pengaduan dan belum adanya petugas yang hendak melakukan pendataan, membuat para orangtua protes.

Namun seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (17/7/2016), situasi dapat diatasi oleh petugas Polri dan TNI yang menenangkan mereka.

Seorang dokter di rumah sakit itu, Indra Sugiono sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka vaksin palsu.

Satgas vaksin palsu, Sabtu kemarin, menyampaikan ada 160 balita di Rumah Sakit Harapan Bunda yang diduga mendapat vaksin palsu. Satgas akan melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk memastikan apakah balita tersebut perlu divaksinasi ulang.

Kecemasan juga dirasakan para orangtua yang memvaksin anaknya di Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara di Ciledug, Kota Tangerang, Banten. Pihak rumah sakit baru akan memberi penjelasan pada Senin esok.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten menyita seluruh vaksin di rumah sakit ini. Hal itu dilakukan setelah diketahui salah satu vaksin hanya mengandung cairan infus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.