Sukses

VIDEO: Ombudsman Sulbar Temukan Bukti Masih Ada Plonco di Sekolah

Terdapat video yang memperlihatkan para siswa baru SMK Negeri 1 Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, dijemur di tengah terik matahari.

Liputan6.com, Mamuju Tengah - Tim Ombudsman Sulawesi Barat menemukan sejumlah foto dan rekaman video amatir dugaan praktik perploncoan dan kekerasan fisik dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (23/7/2016), dalam video berdurasi lebih dari dua menit ini, memperlihatkan para siswa baru SMK Negeri 1 Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, dijemur di tengah terik matahari. 

Mereka bahkan diminta tidur telentang sambil menghadap ke langit. Karena kelelahan sejumlah siswa harus dilarikan ke puskesmas terdekat. 

Ketua Ombudsman Sulbar menyebutkan, pihaknya telah mengantongi sejumlah dokumen foto-foto dan video yang mempertontonkan masih adanya praktik perploncoan dan kekerasan fisik.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Mamuju Tengah membantah hal ini. Pingsannya siswa tak ada kaitannya dengan praktik perploncoan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.