Sukses

Sosok Minggu Ini: Kisah Mujirun, Pelukis Uang Kertas Indonesia

Mujirun adalah salah satu dari lima pelukis uang kertas rupiah yang dimiliki Indonesia.

Liputan6.com, Tangerang - Pernahkah Anda melihat dengan teliti uang kertas yang ada di dompet? Gambar sebuah objek yang ada di uang kertas, ternyata tidak sekadar berfungsi sebagai pengaman tetapi juga ada nilai seninya. Salah satu pelukis uang tersebut adalah Mujirun.

lembaran-lembaran uang kertas tentu tak asing buat kita. Sebagai alat transaksi yang sah, uang memang selalu mengikuti ke mana saja kita pergi. Mulai gambar pahlawan, pemandangan hingga ragam flora fauna khas Nusantara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (24/7/2016), adalah Mujirun, satu dari lima pelukis uang kertas rupiah yang dimiliki negeri ini. Lelaki berusia 58 tahun ini menggeluti seni engrave alias melukis uang kertas sejak 1979.  

Selama tujuh tahun, sejak menjadi karyawan perusahaan umum percetakan uang republik Indonesia, pria lulusan sekolah menegah seni rupa Yogyakarta ini terus berlatih. Ia bahkan belajar hingga ke beberapa negara seperti Italia, Inggris dan Swiss.

Kini Mujirun telah pensiun. Ia tak lagi melukis uang kertas sejak 7 tahun lalu. Namun hari-harinya tetap berarti. Di masa tuanya, ia memilih memperkenalkan seni lukis teknik engrave pada masyarakat luas.

Meski namanya tak seharum karyanya, Mujirun bangga karena telah menjadi bagian dalam perjalanan sejarah percetakan uang Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.