Sukses

VIDEO: Ratusan Pasien Tidak Bisa Gunakan BPJS yang Diduga Palsu

Kartu BPJS Kesehatan yang diduga palsu didapatkan warga setelah dibuat secara kolektif atas inisiatif perangkat desa dan relawan kesehatan.

Liputan6.com, Padalarang - Warga Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pemegang kartu BPJS Kesehatan yang diduga palsu, dipastikan tidak akan mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan dari puskesmas maupun rumah sakit.  

Pihak puskesmas Padalarang telah menolak sejumlah pasien yang menggunakan kartu BPJS yang tak terbaca di sistem komputer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (24/7/2016), peredaran kartu BPJS Kesehatan yang diduga palsu diketahui setelah banyak pasien yang ditolak puskesmas Padalarang.

Ratusan pasien sejak lima bulan lalu tak bisa berobat menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan karena pada saat diperiksa, kartu BPJS kesehatan itu tidak masuk dalam sistem komputerisasi Puskesmas. Akibatnya banyak warga yang kecewa dan terpaksa berobat dengan menggunakan fasilitas umum.

Meski belum ada pasien yang melaporkan dugaan kasus penipuan ini, pihak Polres Cimahi akan mengusut kasus ini. Kartu BPJS Kesehatan yang diduga palsu ini didapatkan warga setelah dibuat secara kolektif sejak 8 bulan lalu atas inisiatif perangkat desa dibantu pihak yang mengatasnamakan relawan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.