Sukses

VIDEO: Siswa Tarakan Banjir Penghargaan dengan Alat Deteksi Udara

Meski bentuknya terlihat sederhana, namun peralatan itu memiliki kemampuan untuk mendata kadar udara secara terperinci.

Liputan6.com, Tarakan - Dua pelajar SMA Negeri 1 Tarakan, Kalimantan Utara berhasil menciptakan sebuah alat untuk mendeteksi udara. Alat itu bernama D-Box CC atau Detector Box for Co and Co2.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (25/7/2016), meski bentuknya terlihat sederhana, peralatan itu memiliki kemampuan untuk mendata kadar udara secara terperinci.

Menggunakan alat itu tidaklah sulit. Cukup hubungkan alat ke laptop atau komputer maka dengan sendirinya D-Box CC mampu menghitung kadar udara, termasuk kadar udara dari knalpot sepeda motor.

Kedua pelajar itu mampu menyelesaikan D-Box CC dalam waktu tiga bulan. Seorang guru pembimbing juga berperan penting dalam penciptaan alat ini.

Kerja keras kedua siswa tersebut selama tiga bulan ternyata tidak sia-sia. Dari peralatan yang terlihat sederhana itu keduanya tidak hanya hanya meraih medali di tingkat nasional, namun juga menyabet penghargaan tertinggi di ajang International Exhibition for Young Inventors 2016 yang digelar di China.

Kini pihak sekolah tengah merencanakan untuk memasarkan hasil karya kedua siswanya. Ini agar karya keduanya dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.