Sukses

VIDEO: Ekspedisi Replika Kapal Majapahit Berlabuh di Jepang

Ekspedisi "Spirit of Majapahit" ini sanggup menempuh perjalanan panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Replika Kapal Majapahit dengan panjang 20 meter dan lebar 4,5 meter, berlayar dalam ekspedisi "Spirit of Majapahit."

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (25/7/2016), meski terbilang kecil, namun replika kapal kerajaan terbesar di Indonesia itu sanggup menempuh perjalanan panjang. Menembus lautan luas.

Diawali dari Jakarta pada 11 Mei lalu. Kapal Majapahit singgah di Brunei Darussalam, Filipina, Taiwan, hingga berlabuh terakhir di Kogoshima, Jepang, sebelum akhirnya dimuseumkan di Tokyo, Jepang.

Kapal dengan 8 awak termasuk seorang berkebangsaan Jepang ini mengandalkan dua layar dan sebuah mesin 130 PK sebagai tenaga pendorongnya.

Kapal ini dirakit di Pantai Solepeng, Madura, dan hasil rancangan ahli teknik perkapalan dari Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, dan Universitas Hasanuddin.

Rancangan kapal didasarkan pada relief yang terdapat di Candi Borobudur. Kemudian replikanya diwujudkan berdasarkan berbagai catatan sejarah mendekati model pada zaman Majapahit. Ekspedisi ini sekaligus membuktikan kejayaan maritim Indonesia di abad ke-12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.