Sukses

VIDEO: Ada 10 Makam Fiktif di TPU Jeruk Purut

Di seluruh DKI hingga Selasa, 26 Juli 2016 kemarin jumlah makam fiktif bertambah menjadi 218.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian makam fiktif terus dilakukan Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemprov DKI Jakarta. Hasilnya 10 makam fiktif ditemukan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (27/7/2016), saat petugas dari Sub Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan membongkar salah satu makam di TPU Jeruk Purut, tidak ada jenazah yang terkubur di makam tersebut.

Makam-makam fiktif ini merupakan hasil dari praktik percaloan di masa lalu. Bahkan ditemukan kesamaan nama di beberapa makam.

"Untuk tahap awal verifikasi makam fiktif itu sendiri pertama ada gundukan, ada nisan, isinya nggak tahu, ada Perpanjangan Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM). Itu arahan Pak Kadis seperti itu," kata Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan Muhammad Iqbal.

Praktik makam fiktif mencuat pekan lalu. Saat itu ditemukan 10 makam fiktif di blok pemakaman Kristen di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Di seluruh DKI Jakarta hingga Selasa, 26 Juli 2016, jumlah makam fiktif bertambah menjadi 218.

Pemprov DKI Jakarta memastikan akan memberi sanksi tegas kepada PNS yang terlibat dalam kasus makam fiktif ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.