Sukses

VIDEO: Ratusan Bonek Sempat Tertahan di Stasiun Senen

Ratusan Bonek sempat tertahan oleh petugas keamanan dari TNI-Polri dan keamanan stasiun Senen, namun akhirnya diizinkan keluar.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan Bonek pendukung klub sepak bola Persebaya, pagi tadi tiba di Stasiun Senen, Jakarta. Mereka akan melakukan aksi demo meminta kepada Kemenpora dan PSSI agar tim Persebaya dapat mengikuti pertandingan di Liga Indonesia. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (2/8/2016), tiba di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, sekitar 600 Bonek yang berangkat dari Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Senin malam, sempat tertahan oleh petugas keamanan dari TNI-Polri dan keamanan stasiun. Namun setelah bernegosiasi, akhirnya mereka diizinkan keluar dari stasiun.

Kedatangan mereka merupakan bagian kecil dari rombongan Bonek yang diperkirakan akan mencapai 3.000 orang untuk menggelar aksi unjuk rasa di gedung Kemenpora.

Sebelumnya, dini hari tadi sebagian rombongan Bonek juga tiba di Jakarta dengan dikawal petugas Polda Jatim. Selanjutnya, petugas menyiapkan 2 bus metromini untuk membawa para suporter ke Stadion Tugu, Koja, Jakarta Utara.

900 pendukung Persebaya Surabaya hingga siang ini masih bertahan di Stadion Tugu. Untuk mengamankan keberadaan Bonek ini, sejumlah personel keamanan disiapkan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga menghimbau para Bonek bersikap tertib dan tidak melakukan tindakan anarkistis.

Sejak tahun 2010, terjadi dualisme kepemimpinan dalam tubuh PSSI, dampaknya Persebaya Surabaya tidak diakui oleh induk organisasi sepak bola tertinggi di Indonesia. Untuk itu, para Bonek datang untuk menuntut Kemenpora dan PSSI mengembalikan keanggotaan Persebaya 1927 agar dapat mengikuti kompetisi sepak bola nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.