Sukses

VIDEO: Tips untuk Jemaah Haji Saat Berada di Pesawat

Bagi calon jemaah haji yang pertama kali naik pesawat, ada pramugari yang siap membantu.

Liputan6.com, Jakarta - Calon jemaah haji Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi terbagi dalam beberapa kelompok terbang (kloter). Di antara mereka, kemungkinan ada jemaah haji yang baru pertama kali naik pesawat.

.Kelompok terbang dalam jemaah haji atau disingkat kloter, tujuannya agar jemaah haji Indonesia yang jumlahnya sekitar 200 ribu orang tertib dan teratur, baik dalam pemberangkatan maupun saat tiba di Arab Saudi.

Bagi calon jemaah haji yang belum pernah bepergian dengan pesawat tak usah khawatir, karena sejak dari bandara akan ada petugas yang mengarahkan. 

Berikut beberapa tips untuk jemaah yang baru pertama naik pesawat, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (10/8/2016).

Di dalam pesawat ada petugas kabin atau pramugari yang siap membantu. Jangan lupa untuk memasang sabuk pengaman ketika Anda duduk.

Dan bagaimana caranya ke toilet di dalam pesawat?

Yang pertama pastikan toilet dalam keadaan kosong, buka pintunya dan jangan lupa dikunci dari dalam.

Buka penutup toilet dan gunakan. Setelah selesai, siram dan bersihkan dengan menggunakan tombol flushing dan flasher.

Selanjutnya, bersihkan tangan Anda dengan menekan tombol keran air dan gunakan sabun cair atau cairan anti-bakteri yang disediakan. Tisu juga disediakan untuk mengeringkan tangan Anda agar kesehatan jemaah haji terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.