Sukses

VIDEO: Batik Motif 17-an Laris Diburu Pembeli

Batik ini dibuat dengan motif lomba khas tujuhbelasan, orang baris-berbaris serta orang yang sedang mengikuti upacara.

Liputan6.com, Banyumas - Berbagai cara dan gaya dilakukan warga dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke-71. Seorang pembatik di Banyumas, Jawa Tengah, membuat kain batik dengan motif lomba-lomba tujuhbelasan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (11/8/2016), rumah batik Hadi Priyanto yang memproduksi batik khas tujuhbelasan di Jalan Mruyung, Banyumas, setiap hari tampak sibuk.

Apalagi menjelang peringatan hari kemerdekaan para pembatik yang berjumlah 20 orang giat berkarya dengan pembuatan batik bernuansa keramaian peringatan kemerdekaan.

Jika batik selama ini didominasi gambar bunga atau buah, di rumah Hadi, batik dibuat dengan motif berbagai lomba khas tujuhbelasan, orang baris-berbaris serta orang yang sedang mengikuti upacara.

Pembuatan batik khas tujuhbelasan ini membutuhkan waktu dua bulan. Prosesnya mulai dari desain hingga menjadi bentuk lembaran batik. Batik motif ditulis menggunakan canting di atas lembaran kain berukuran sekitar 1 x 2 meter. Ciri khas batik motif ini didominasi warna merah.

Dalam dua pekan terakhir banyak warga yang datang ke rumah batik ini untuk membeli batik khas tujuhbelasan. Batik unik ini dihargai Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta per lembar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.