Sukses

VIDEO: Tips Jemaah Haji Tayamum dan Salat di Pesawat

Ketika di dalam pesawat, manfaatkan tempat duduk atau pun jok untuk melaksanakan tayamum.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan jauh selama 9 jam dari Tanah Air menuju Tanah Suci Mekah Al Mukaromah di Arab Saudi, menyebabkan para calon jemaah haji Indonesia tak memiliki pilihan lain untuk bersuci, yaitu dengan tayamum saat akan melaksanakan salat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (11/8/2016), durasi yang cukup lama ini akan bertepatan dengan beberapa waktu salat wajib. Maka, calon jemaah haji dapat melakukan tayamum dan salat di pesawat seperti anjuran dalam Alquran.

"Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayammumlah kamu dengan tanah yang baik (suci), sapulah mukamu dan tanganmu." (Qs. An-Nisaa: 43)

Berikut langkah-langkah tayamum dan salat di dalam pesawat.

Ketika di dalam pesawat, manfaatkan tempat duduk atau pun jok untuk melaksanakan tayamum.

Pertama yang dilakukan adalah mengusapkan telapak tangan di antara kursi yang diberengi niat, kemudian mengusapkannya di wajah dan kembali mengusapkan di kursi dan mengusapkannya di kedua tangan.

Kemudian salat di pesawat cukup dengan duduk dan melakukan gerakan-gerakan salat.

Namun ternyata ada juga pesawat yang menyediakan ruangan Musala yang dilengkapi karpet, kompas besar penunjuk arah, dan mampu menampung sekitar 10 orang jemaah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.