Sukses

VIDEO: Penghasilan Rp 5.000 per Hari, Guru Ini Naik Haji 2 Kali

Sosoknya yang bersahaja dan mudah bergaul dengan sesama jemaah, membuatnya mendapatkan kepercayaan ketua kelompok terbang.

Liputan6.com, Surabaya - Biaya naik haji tidaklah murah, akan tetapi tekad yang kuat bisa mengalahkan hambatan itu. Buktinya seorang guru di pedalaman Sampang, Madura, Jawa Timur, bisa berhaji walau ia hanya berpenghasilan Rp 5 ribu per hari.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (12/8/2016), Muhammad Ali Wafa terlihat sibuk memberikan materi Manasik di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Guru agama dari sekolah di pelosok Kabupaten Sampang ini tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 4 Embarkasi Surabaya.

Sebagai guru agama, Muhammad Ali Wafa hanya menerima bayaran Rp 5 ribu untuk setiap hari mengajar. Akan tetapi jangan salah, kecilnya penghasilan tak menghalanginya berhaji. Bahkan tahun ini merupakan kedua kalinya ia berhaji.

Ali Wafa mendapat amanah dari Kemenag Kabupaten Sampang untuk menjadi ketua kelompok terbang. Sosoknya yang bersahaja dan mudah bergaul dengan sesama jemaah membuatnya mendapatkan kepercayaan itu.

Menurut dia, mengajarkan materi manasik pada calon haji jauh lebih sulit daripada mengajar murid muridnya di madrasah.

Muhammad Ali Wafa berangkat dari asrama haji menuju Kota Mekah, Arab Saudi pada Kamis sore bersama 445 calon haji dari Kloter 4. Sosoknya bisa menjadi inspirasi sesama guru yang mengajar di pelosok desa, agar tak patah semangat menunaikan rukun Islam yang ke lima itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.