Sukses

Jendela Dunia: Pembangkit Listrik China Meledak, 21 Orang Tewas

Pipa bertekanan tinggi meledak di sebuah pembangkit listrik di Kota Danyang, China bagian tengah.

Liputan6.com, Danyang - Serangkaian bom meledak di Kota Hua Hin, Phuket dan beberapa lokasi lain di Thailand. Empat tewas dan sejumlah orang lainnya luka dalam kejadian tersebut.

Dari hasil pemeriksaan polisi, kedua bom disembunyikan di dalam pot tanaman di ruas jalan yang ramai. Bom lalu diledakkan dengan sinyal telepon genggam. Berita ini mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (12/8/2016).

Sementara itu, pipa bertekanan tinggi meledak di sebuah pembangkit listrik di Kota Danyang, China bagian tengah. Dalam kejadian ini sebanyak 21 orang tewas dan lima lainnya luka-luka. Penyebab ledakan di pembangkit listrik tersebut masih diselidiki.

Kecelakaan kerja masih kerap terjadi di China. Meski, pemerintah pusat telah memerintahkan peningkatan pengamanan di pabrik, pembangkit listrik dan tambang.

Di tempat lain, penjaga pantai Jepang menyelamatkan enam nelayan China yang terkatung-katung di Laut China Selatan. Para nelayan itu berenang di laut karena kapal mereka tenggelam, setelah bertabrakan dengan kapal barang Yunani di Kepulauan Senkaku, Jepang.

Namun demikian, delapan nelayan lainnya masih belum ditemukan. Hubungan Jepang dan China tengah menegang karena perselisihan soal Kepulauan Senkaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.