Sukses

VIDEO: Banjir Rendam Ratusan Rumah di Banyuwangi

Ratusan rumah warga di Desa Tratas, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, terendam banjir hampir setinggi satu meter.

Liputan6.com, Banyuwangi - Ratusan rumah warga di Desa Tratas, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, kembali terendam banjir hampir setinggi satu meter. Selain karena guyuran hujan selama sehari semalam, diduga banjir juga disebabkan berubahnya saluran air akibat pembangunan sebuah pabrik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (12/8/2016), warga yang rumahnya terendam, berupaya menguras genangan air serta memasang tanggul dari pasir dan pohon pisang.

Banjir kali ini adalah yang ketiga kalinya. Selain akibat hujan yang mengguyur sehari semalam, menurut warga banjir juga dipicu berubahnya ukuran saluran pembuangan air desa akibat pembangunan sebuah pabrik pengolahan ikan tak jauh dari permukiman warga.

Warga yang kesal kemudian beramai-ramai mendatangi pabrik yang diduga menjadi penyebab banjir. Aksi nyaris ricuh karena niat bertemu pemilik pabrik dihalangi petugas.

Warga meminta pabrik untuk kembali mengembalikan saluran air desa yang melewati lokasi bangunan pabrik. Pihak pabrik akhirnya bersedia memenuhi tuntutan warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.