Sukses

VIDEO: Visa Terlambat, Ratusan Jemaah Haji Gagal Berangkat

Sebanyak 181 jemaah calon haji yang gagal berangkat ke tanah suci akibat keterlambatan visa dari pemerintahan Arab Saudi.

Liputan6.com, Sumedang - Musim haji sudah tiba, para jemaah haji dari Indonesia pun sudah mulai berdatangan di tanah suci. Tapi ternyata, tak sedikit pula calon jemaah haji yang terancam gagal berangkat dari Tanah Air, alasannya terkendala visa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (13/8/2016), ratusan tas milik jemaah calon haji ini menumpuk di kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Penyebabnya, 181 jemaah calon haji yang gagal berangkat ke tanah suci akibat keterlambatan visa dari pemerintahan Arab Saudi.  

Seharusnya, para jemaah yang tergabung dalam kloter 7 ini sudah berangkat ke Arab Saudi pada Jumat kemarin bersama jemaah lainnya dari Garut dan Bandung.  

Kementerian Agama Sumedang berjanji akan terus berupaya agar para jemaah bisa segera berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

Sementara itu, sedikitnya 90 calon jemaah haji dari kelompok terbang 7 asal Sumedang, Jawa Barat, juga masih tertahan di asrama haji Bekasi. Sampai batas waktu yang ditentukan, para jemaah ini belum juga mendapatkan visa.

Panitia penyelenggara haji mengaku, visa tak kunjung keluar karena adanya keterlambatan dalam penyerahan paspor serta pelunasan biaya dari kelompok pembimbing ibadah haji.

Akibatnya, pihak panitia pun terpaksa mengisi kekosongan bangku dengan jemaah haji dari wilayah lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.