Sukses

Destinasi: Pulau Belitung, Surga Wisata Batu Granit Raksasa

Selain Laskar Pelangi, Belitung juga memiliki danau yang membanggakan. Danau Kaolin namanya yang bisa ditempuh 20 menit saja dari bandara.

Liputan6.com, Belitung - Pulau Belitung yang dulu hanya dikenal sebagai penghasil timah, kini menjelma menjadi negeri laskar pelangi dan surganya wisata batu granit raksasa.

Untuk menuju Pulau Belitung dari Jakarta, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 50 menit penerbangan menuju Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Harga tiket sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 900 ribu.

Begitu tiba di kampung halaman Gubernur DKI Jakarta Ahok, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (13/8/2016), para wisatawan dapat mengunjungi replika sekolah Laskar Pelangi di Kecamatan Gantung, Belitung Timur yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi pada 2008.

Bagi penduduk lokal, replika sekolah ini menjadi tempat bermain, sementara bagi para pengunjug, mereka seakan dibawa kembali bernostalgia ke masa kecil.

Selain Laskar Pelangi, Belitung memiliki danau yang membanggakan. Danau Kaolin namanya yang bisa ditempuh 20 menit saja dari bandara.

Keindahan di danau ini begitu menakjubkan. Gradasi warna daratan yang putih bersih dengan air berwarna biru menyala membuat siapa saja yang melihatnya akan kagum.

Keunikan lain yang dimiliki Danau Kaolin bukan terbentuk dari kawah gunung melainkan dari bekas tempat penambangan kaolin. Yaitu sejenis tanah liat halus berwarna putih yang digunakan sebagai obat, bahan kosmetik hingga cat.

Belitung juga punya sejuta pantai eksotis. Salah satunya ada di Pulau Pasir. Pulau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dikunjungi oleh wisatawan saat air laut sedang surut.

Tak jauh dari Pulau Pasir, ada Pulau Batu yang bernama Batu Berlayar. Disebut berlayar karena susuna batunya yang banyak, dan jika dilihat dari atas seperti sejumlah kapal yang sedang berlayar di tengah laut.

Jadi buat apa jauh-jauh ke negeri orang, jika negeri kita sendiri punya Belitung yang tak kalah indahnya dengan Phuket, Thailand.

 

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.