Sukses

VIDEO: Abu Sayyaf Diduga Sengaja Bebaskan 2 Sandera WNI

Kementerian Luar Negeri belum bisa memastikan lokasi sandera WNI lainnya di Filipina.

Liputan6.com, Samarinda - Megawati Ahmad bisa bernapas lega. Suaminya, Ismail, telah bebas dari penyanderaan. Informasi yang didapat Megawati menyebutkan jika Ismail dan rekannya Muhammad Sofyan sengaja dibebaskan penyandera.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (19/8/2016) pembebasan diduga dilakukan untuk membuktikan bahwa tujuh sandera kelompok Abu Sayyaf masih hidup.

Sementara itu pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan anak buah kapal (ABK) yang telah bebas kini dalam penanganan kepolisian Filipina di Zamboanga, Filipina selatan. Namun lokasi sandera lainnya belum bisa dipastikan.

Di Makassar, pihak Kemenlu dan PT Rusianto Bersaudara menggelar pertemuan dengan keluarga sandera asal Sulawesi Selatan. Dalam pertemuan tertutup itu keluarga berharap agar korban dapat pulang secepatnya.

Dua ABK yang telah bebas ini merupakan bagian dari tujuh ABK Charles yang disandera sejak akhir Juni lalu. Pembajakan kapal dan penyanderaan WNI ini merupakan yang ketiga kalinya sepanjang tahun 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.