Sukses

VIDEO: Wajah Pendidikan Indonesia di Kawasan Puncak Jaya

Meski serempak mengenakan seragam seperti di daerah lain, kebanyakan anak sekolah dasar di kabupaten ini tidak menggunakan sepatu.

Liputan6.com, Puncak Jaya - Kabupaten Puncak Jaya merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Irian Barat yang tidak bersentuhan dengan bibir pantai. Sekitar 95 persen wilayahnya merupakan wilayah perbukitan dan gunung dengan struktur tanah berbatu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (20/8/2016), kabupaten ini dihuni kurang dari 300 ribu jiwa. Selain itu, wilayah ini juga biasa dikenal sebagai markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Goliat Tabuni.

Terlepas dari itu semua, di kabupaten ini terdapat anak-anak bangsa yang haus akan ilmu dan pengalaman baru. Antusiasme mereka bisa dilihat saat mengikuti upacara bendera memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Namun ada pemandangan yang tak biasa. Meski serempak mengenakan seragam seperti di daerah lain, kebanyakan anak sekolah dasar di kabupaten ini tidak menggunakan sepatu, bahkan di momen sepenting upacara Hari Kemerdekaan. Menurut guru mereka alasannya karena para murid tak terbiasa.

Meski demikian kenyataannya masih ada siswa yang tak memakai sepatu karena memang tak memilikinya.

Besarnya dana otonomi khusus yang dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan di Papua yang mencapai Rp 81 triliun, ternyata belum bisa memenuhi semua kebutuhan para siswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.