Sukses

VIDEO: Flashmob Tari Tradisional HUT ke-71 RI Meriahkan CFD

Ribuan warga dari tua hingga muda menarikan 15 tari tradisional daeran berbagai secara bersama-sama.

Liputan6.com, Jakarta - Semarak peringatan hari ulang tahun ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia, masih terasa di sejumlah wilayah di tanah air.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (21/8/2016), hari bebas kendaraan (car free day/CFD) di Sudirman-Thamrin, umumnya dimanfaatkan warga Jakarta untuk berolah raga, namun hari ini, Minggu (21/8/2016), sedikit berbeda.

Semangat kemerdekaan masih terasa, ribuan warga tua dan muda berkumpul menarikan sedikitnya 15 tari tradisional bersama-sama atau dikenal dengan flashmob tarian daerah.

Mulai dari tarian tradisional Betawi, tari pendet dari Bali, tari tor-tor dari Sumatera Utara hingga tari yospan khas Papua.

Di Bogor, Jawa Barat, beragam kesenian khas daerah meramaikan karnaval. Masing-masing kelurahan menampilkan parade nusantara, mulai dari mengenakan kostum pahlawan, hingga membuat replika kapal berlayar hingga tari-tarian tradisional. Karnaval diharapkan bisa menjadi etalase budaya Indonesia.

Sementara di Makassar, Sulawesi Selatan, langit Pantai Akkarena Tanjung Bunga, ramai oleh puluhan layang-layang yang berterbangan. Festival Layang-layang Internasional bertepatan dengan peringatan kemerdekaan RI.

Aneka layang-layang lucu berbentuk garfield, naga, dan gurita menghibur pengunjung Pantai Akkarena.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.