Sukses

VIDEO: Jumlah Blangko Terbatas, Pembuatan E-KTP Lambat di Tasik

Ribuan warga Tasikmalaya yang sudah mendaftar, hingga kini tidak kunjung mendapat E-KTP.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Keterlambatan pembuatan KTP Elektronik, terjadi di sejumlah daerah termasuk di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Sedikitnya 3.500 warga yang sudah mendaftar, hingga kini tidak kunjung mendapat E-KTP.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (25/8/2016), kondisi itu terjadi karena kiriman blangko E-KTP dari pemerintah pusat tidak memadai.

Setiap bulan Kemendagri mengirim blangko E-KTP sebanyak 2.000 keping, padahal sedikitnya setiap hari dibutuhkan 200 keping. Jumlah personel Dinas kependudukan yang terbatas juga membuat pelayanan pembuatan E-KTP berjalan lambat.

Kondisi serupa terjadi di Jombang, Jawa Timur, antrean warga setiap hari terjadi di empat kantor kecamatan tempat pembuatan E-KTP. Sejak pukul 05.00 WIB, warga sudah antre. Kondisi ini terjadi karena terbatasnya jumlah alat perekam dan pencetakan E-KTP.

Setidaknya saat ini ada 25 ribu warga di Jombang yang belum memiliki E-KTP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.