Sukses

VIDEO: Koper Calon Haji Ditandai Pakaian Bayi hingga Teletubbies

Selain pakaian bayi dan boneka, ada juga jemaah haji menempelkan foto diri berukuran besar untuk menandai kopernya.

Liputan6.com, Polewali Mandar - Berbagai cara unik dilakukan calon jemaah haji Indonesia untuk menandai koper mereka. Calon jemaah haji asal Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggantungkan boneka Teletubbies dan bola pada koper mereka.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (26/8/2016), ada juga calon jemaah haji yang menggantungkan pakaian bayi, karena diyakini memiliki makna sakral, yaitu dapat membawa keselamatan bagi pembawa koper.

Berbeda dengan calon jemaah haji lainnya, ibu Siti Sunaidah bahkan menempelkan foto diri berukuran besar. Hal ini dilakukan agar koper mudah dikenali, tidak tertukar atau pun hilang.

Sementara itu, Soemini Markab, calon jemaah haji asal Semarang, Jawa Tengah, memilih boneka dengan warna mencolok sebagai penanda koper.

Ribuan koper dengan warna dan model yang sama menyulitkan calon jemaah haji untuk mengenali koper mereka. Terlebih bagi calon haji yang berusia lanjut.

Pada tahun ini, Kota Semarang memberangkatkan 1.433 calon jemaah haji yang terbagi atas kloter 42, 43, 68, 69, dan 70.

Pemberian penanda tambahan menjadi tradisi, meski tidak ada anjuran resmi dari penyelenggara haji. Namun demikian petugas tetap menyarankan agar penanda koper tidak berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.