Sukses

VIDEO: Serunya Ikuti Lebaran Ikan di Klaten

Jumlah ikan yang diperebutkan dalam Lebaran Ikan bisa mencapai satu ton lebih.

Liputan6.com, Klaten - Ribuan warga berkumpul di sekeliling kolam ikan Desa Gemblegan, Klaten, Jawa Tengah sejak Minggu pagi. Mereka akan mengikuti Lebaran Ikan atau perayaan datangnya musim panen ikan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (28/8/2016), meski aba-aba dari panitia belum dibunyikan, tapi lantaran tak sabar menunggu lebih lama lagi, warga langsung beraksi. Anak-anak hingga orang tua memasuki kolam ikan untuk menangkap ikan.

Bekal mereka adalah apapun alat yang bisa menangkap ikan. Seperti jaring, tempat sampah hingga tudung saji. Ada yang sendiri, ada pula yang berkelompok untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya.

Lebaran Ikan biasanya dilakukan setahun sekali setelah pemilik kolam ikan panen. Ikan yang diperebutkan bisa mencapai satu ton lebih.

Beberapa ekor di antaranya diberi tanda pita. Siapa yang berhasil menangkap ikan berpita maka berhak mendapat hadiah perabot rumah tangga, seperti kulkas.

Warga yang piawai bisa mendapatkan ikan hingga puluhan kilogram. Sedangkan warga yang tidak berbakat menangkap ikan harus rela basah kuyub terkena air bercampur lumpur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.