Sukses

VIDEO: Penderita Zika di Singapura Bertambah Jadi 56 Orang

Masyarakat Indonesia diimbau tidak panik dengan peningkatan penderita Zika di Singapura.

Liputan6.com, Singapura - Warga Singapura yang terjangkit virus Zika bertambah menjadi 56 orang. Masyarakat Indonesia diimbau tidak panik, namun harus tetap berperilaku sehat seperti menjaga kebersihan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (30/8/2016), kebanyakan penderita Zika di Singapura hanya menunjukkan gejala demam ringan dan ruam. 

Dari 56 orang yang terjangkit tersebut sebagian besar telah sembuh total. Sedangkan tujuh pasien lainnya masih dirawat di Rumah Sakit Tan Tock Seng.

Zika ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti atau jenis nyamuk yang juga menularkan demam berdarah. Bagi orang dewasa Zika memang berdampak ringan, seperti demam dan kelumpuhan sementara. 

Namun, bagi bayi dalam kandungan Zika bisa mengakibatkan pengecilan kepala atau microcephaly hingga kematian.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, selain di Singapura virus Zika telah menyebar di 58 negara. Thailand, Vietnam, Filipina, dan Indonesia bisa mengalami endemik virus Zika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.