Sukses

VIDEO: Sapi Pemakan Sampah Ditemukan di Solo

Di tempat akhir pembuangan sampah Putri Cempo, Solo, Jawa Tengah, sapi-sapi justru dibiarkan bebas memakan sampah.

Liputan6.com, Solo - Sapi seberat 1,2 ton di Magelang menjadi perhatian warga. Rutin dimandikan dan diberi makanan sehat, menjadi kunci untuk menghasilkan sapi sehat dan gemuk.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (31/8/2016), 'Bima' dan 'Sembada', 2 ekor sapi jenis metal dan limosin milik Nur Waluyo memiliki berat lebih dari 1.200 kilogram. Selama 1 tahun dirawat, kedua sapi berkembang pesat hingga mencapai panjang 2,5 meter dan dijual seharga Rp 85 juta.  

Untuk mendapatkan sapi-sapi gemuk dan sehat, pemilik tidak hanya memberikan perlakuan khusus tetapi juga memperhatikan asupan makanan yang diberikan.

Sebaliknya, di tempat akhir pembuangan sampah Putri Cempo, Solo, Jawa Tengah, sapi-sapi justru dibiarkan bebas memakan sampah. Secara fisik sapi terlihat gemuk, namun daging sapi pemakan sampah tentu mengandung logam berbahaya. Di antaranya adalah timbal.

Para peternak sapi tetap nekat menggembalakan sapi di tempat pembuangan sampah, karena tidak ada tindakan tegas dari Dinas Peternakan Kota Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.