Sukses

VIDEO: Lezatnya Puding Biji Pepaya yang Berkhasiat Bagi Kesehatan

Puding buji pepaya bisa menyembuhkan bebagai penyakit, di antaranya liver dan cacingan.

Liputan6.com, Semarang - Siapa sangka manfaat biji pepaya ternyata tak kalah penting dari daging buahnya. Bagian dari pepaya yang biasa dianggap sampah ini ternyata memiliki khasiat menyembuhkan bebagai penyakit. Di antaranya liver dan cacingan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (1/9/2016), di tangan seorang siswi SMA Negeri 1 Semarang, Diah Kartika, Biji pepaya diolah menjadi makanan yang disukai banyak orang, yaitu puding atau jely.

Untuk membuat puding, sangat sederhana. Biji pepaya yang telah dicuci dihancurkan menggunakan blender. Selanjutnya biji pepaya yang telah hancur disaring untuk diambil sarinya.

Lalu dengan tambahan sedikit air, sari biji pepaya dimasak dengan campuran bubuk agar-agar. Setelah mendidih, lalu dituangkan ke dalam cetakan.kemudian didinginkan.

Rasa yang pahit terkadang membuat kita enggan mengonsumsi biji pepaya, nah, inilah salah satu alasan mengapa Diah membuat inovasi puding biji pepaya.

Biji pepaya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan enzim proteolitik yang tinggi dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dari parasit, seperti cacing.

Diharapkan inovasi puding buji pepaya yang dibuat oleh murid yang kini duduk di kelas XII ini, bisa memberi manfaat bagi dunia kesehatan dan masyarakat luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.