Sukses

VIDEO: Paus Yohanes Paulus II Awali Kanonisasi untuk Bunda Teresa

Paus Yohanes Paulus II memberikan beatifikasi yang kemudian menjadi langkah pertama seseorang untuk dinobatkan menjadi orang suci.

Liputan6.com, Vatican - Ratusan ribu jemaat akan mengikuti upacara Kanonisasi Bunda Teresa di Vatikan. Upacara pengukuhan dilakukan gereja Vatikan dan dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (4/9/2016), lebih dari 100 ribu jemaat diperkirakan akan hadir di lapangan Santo Petrus Vatikan untuk mengikuti upacara Kanonisasi Bunda Teresa. Kanonisasi adalah proses pemberian gelar orang suci kepada mereka yang melakukan kebajikan semasa hidupnya.  

Upacara digelar untuk menghormati jasa Bunda Teresa yang semasa hidupnya mengabdikan diri untuk merawat masyarakat di kawasan kumuh Kalkuta, India. Bunda Teresa menjadi teladan belas kasih bagi umat Katolik di dunia.

Atas pengabdiannya, Bunda Teresa dianugerahi penghargaan nobel perdamaian pada tahun 1979. Baginya, menyebarkan perdamaian, saling mengasihi dan mengakui orang paling miskin sebagai saudara adalah suatu kebahagiaan.

Selama pengabdiannya Bunda Teresa juga dianggap telah banyak melakukan keajaiban, sehingga pada tahun 2003 Paus Yohanes Paulus II memberikan beatifikasi yang kemudian menjadi langkah pertama seseorang untuk dinobatkan menjadi orang suci.

Proses Kanonisasi Bunda Teresa tidak luput dari kontroversi. Sebagian orang menganggap, pemberian gelar Santa terlalu cepat yaitu 19 tahun sejak ia wafat. Sementara tokoh lain membutuhkan waktu hingga beberapa abad sebelum diberi gelar ini.

Namun demikian dukungan terus mengalir, terutama dari masyarakat India. Sebuah gereja katolik India di wilayah Bihar melaksanakan misa khusus sebagai tanda syukur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.