Sukses

VIDEO: Urus E-KTP di Jombang, Warga Mengantre Sejak Subuh

Warga yang datang Minggu ini kebanyakan warga Jombang yang bekerja di luar kota.

Liputan6.com, Jombang - Antrean pembuatan E-KTP atau KTP elektronik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Jombang, Jawa Timur, masih saja panjang. Meski pada hari Minggu, antrean sudah mengular sejak subuh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (4/9/2016), antrean warga pemohon KTP elektronik bahkan hingga ke kantor lain. Warga yang datang pada hari Minggu ini kebanyakan warga Jombang yang bekerja di luar kota.

Sebagian warga yang membawa anak-anak sempat terjepit di tengah kerumunan. Beberapa warga juga sempat terlibat adu mulut karena ada yang saling serobot. Sebagian warga mengaku kesulitan mengurus E-KTP di Jombang lantaran waktu sehari tidaklah cukup. 

Minimnya alat perekam E-KTP yang dimiliki Disdukcapil setempat membuat warga harus mondar mandir dan antre. Berdasarkan data dinas terkait, dari 1,3 juta warga Jombang, masih ada sekitar sembilan ribu warga yang belum membuat E-KTP.

Beragam masalah muncul menjelang batas akhir pembuatan KTP elektronik. Sebagian besar masalah adalah kekosongan blanko yang hingga kini memicu padatnya warga di kantor-kantor Disdukcapil. Namun ada pula wilayah yang justru kewalahan karena minimnya sumber daya manusia dan fasilitas rekam data.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.