Sukses

VIDEO: Tips Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Pemaksaan menyembelih bisa membuat sapi stress sehingga membuat dagingnya tidak sehat.

Liputan6.com, Grobogan - Takmir dan pengurus masjid yang biasa menjadi jagal sapi saat Idul Adha, kerap kesulitan merobohkan sapi sebelum disembelih. Sapi cenderung dipaksa dengan cara diikat keempat kakinya dan dirobohkan dengan kayu yang dimasukkan di sela-sela kaki.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (5/9/2016), pemaksaan bisa membuat sapi stress sehingga membuat dagingnya tidak sehat. Jika demikian, artinya penyembelihan seperti itu melanggar syariat Islam.

Untuk menhindari hal itu, Dinas Peternakan Grobogan mengenalkan teknik merobohkan sapi yang baik dan benar dengan teknik barley.

Caranya dengan melingkarkan tali pada leher, dilanjutkan pada bagian dada dan perut. Tali kemudian ditarik sehingga sapi akan roboh dengan pelan. Sapi yang roboh dengan halus cenderung lebih tenang sehingga dagingnya lebih sehat dan higienis.

Selain itu perlu juga diperhatikan supaya hewan kurban tidak melihat hewan lain yang disembelih. Selain itu, menyembelih dilakukan dengan cepat dan gorok tidak boleh diangkat sebelum dua urat leher kurban putus.

Gunakan pisau setajam mungkin, jangan mengambil daging kurban sebelum hewan benar-benar mati dan tentu saja membaca basmalah sebelum menyembelih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.