Sukses

VIDEO: Saran Ridwan Kamil untuk Percepat Proses E-KTP

Ridwan Kamil menginstruksikan agar kecamatan yang sudah rampung melakukan perekaman, meminjamkan alatnya ke kecamatan lain.

Liputan6.com, Bandung - Antrean warga yang ingin membuat KTP elektronik atau E-KTP masih terlihat di sejumlah kecamatan di Kota Bandung. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (9/9/2016), saat sidak ke kantor Kecamatan Sumur, Bandung, Wali Kota Ridwan Kamil melihat langsung proses pembuatan KTP elektronik.

Sidak dilakukan karena Kota Bandung termasuk wilayah di Jawa Barat yang warganya banyak belum melakukan perekaman E-KTP.

Untuk mempercepat proses pembuatan E-KTP, Ridwan Kamil menginstruksikan agar kecamatan yang sudah rampung melakukan perekaman, meminjamkan alatnya ke kecamatan lain.

Warga juga diimbau agar tidak semua menumpuk di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) jika ingin membuat E-KTP.

"Urusan perekaman E-KTP, perbaikan-perbaikan dan lain-lain, cukup diselesaikan di kecamatan, tidak perlu ke Disduk Disduk, itu sudah saya umumkan, tinggal disosialisasikan. Tidak perlu ada pengantar RT,RW, kelurahan. Cukup bawa foto kopi kartu keluarga," kata Ridwan Kamil.

Di tempat terpisah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan, masih sekitar 22 juta penduduk Indonesia yang belum melakukan perekaman E-KTP.

Pemerintah memastikan tidak ada kekurangan blanko E-KTP. Untuk itu petugas Disdukcapil bisa jemput bola, sehingga proses pembuatan E-KTP segera diselesaikan. Pemerintah menargetkan pada 2017 seluruh penduduk sudah memiliki E-KTP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.