Sukses

VIDEO: Jokowi Berkurban Sapi 1 Ton di Kulonprogo

Presiden Jokowi membeli sapi kurban seberat 1 ton dari peternak lokal di Lereng Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Sleman - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membeli sapi kurban seberat 1 ton dari peternak lokal di Lereng Merapi, Sleman, Yogyakarta. Sapi peranakan ongol atau PO itu lalu diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kulonprogo melalui Pemda Tingkat I Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Minggu (11/9/2016), Kulonprogo dipilih sebagai sasaran pemberian bantuan sapi kurban Presiden Jokowi tahun ini.

Hal ini karena angka kemiskinan di wilayah Kulonprogo masih sangat tinggi. Sedangkan angka kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk berkurban tergolong rendah.

Sementara itu, seorang warga Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sunarwan memiliki sapi raksasa bernama cakrak.

Ketekunan bapak tiga putra itu memelihara sapi jenis limosin selama empat tahun berbuah manis. Sapi dengan tinggi 140 centimeter dan bobot 1,5 ton itu dibeli warga Tegal untuk hewan kurban seharga Rp 150 juta.

Sebelumnya sapi jumbo itu telah menjadi juara 1 kontes penggemukan sapi tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, tahun 2014.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.