Sukses

VIDEO: Baju Baru dan Permen, Tradisi Sambut Idul Adha di Irak

Masyarakat di Baghdad, Irak memenuhi Pasar Shorja untuk membeli makanan manis menyambut Idul Adha.

Liputan6.com, Palestina - Persiapan Idul Adha di Gaza Palestina berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, peserta kurban sedikit karena harga domba yang mahal. Satu kilogram daging domba dihargai sekitar 24 sampai 25 shekel atau setara dengan Rp 83 ribu.

Namun tahun ini, harga domba turun menjadi Rp 65 ribu per kilogram, sehingga peserta korban meningkat hingga 60 persen.

Sementara itu di Baghdad, Irak, masyarakat memenuhi Pasar Shorja untuk membeli makanan manis, kacang-kacangan, dan permen.

Tidak hanya itu. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (12/9/2016), toko pakaian juga dipenuhi para pembeli. Bagi masyarakat Irak, mengenakan pakaian baru merupakan salah satu cara untuk menghormati dan merayakan hari raya Idul Adha.

Lain halnya dengan pengungsi Suriah di Turki. Para pengungsi ini memilih untuk menuju perbatasan Karkamis di Provinsi Gaziantep untuk menuju ke Kota Jarablus. Mereka ingin merayakan Idul Adha bersama keluarganya di kota ini.

Satu bulan yang lalu, Turki mengirimkan tank ke perbatasan Jarablus untuk mengusir kelompok Daulah Islamiyah Wa Syam. Sekitar 250 orang pengungsi memilih untuk kembali ke Jarablus, namun sebagian menolak dan memilih tinggal di Turki untuk merayakan Idul Adha dalam kamp pengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.