Sukses

VIDEO: Motif Batik Ini Ceritakan Masuknya Islam ke Indonesia

Motif batik ini bercerita tentang kisah perjalanan Ibnu Battuta asal Maroko yang berkelana dan menyebarkan Islam hingga ke Nusantara.

Liputan6.com, Sleman - Masuknya Islam ke Nusantara menjadi kisah tersendiri dan menjadi inspirasi seorang pembatik di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejarah perjalanan masuknya Islam kini dituangkan ke dalam motif batik yang sangat indah dan menarik. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (21/9/2016), batik yang dibuat pembatik di Rejodani, Sleman, tidak berbeda dengan batik lain. Namun, jika dilihat lebih cermat batik-batik ini tidak bermotif sebagaimana batik pada umumnya, seperti kawung, sidomukti, sekar jagad dan sebagainya.

Motif batik ini menampilkan bentuk-bentuk yang terkait dengan sejarah masuknya Islam ke nusantara. Seperti masjid, kapal dan sebagainya. Batik unik ini merupakan ide pembatik bernama Iffah Dewi.

Salah satu motif batik karya Iffah yang sangat diminati masyarakat adalah motif batik bernama Jaziratul Muluk. Motif batik ini bercerita tentang kisah perjalanan Ibnu Battuta asal Maroko yang berkelana dan menyebarkan Islam hingga ke Nusantara.

Batik karya Iffah memiliki 10 desain, mulai dari empat motif kerajaan Islam di Maluku, seperti kerajaan Ternate, Tidore, Jailolo dan Bacan sampai ke motif rempah-rempah dan samudra yang menggambarkan kekayaan alam Maluku.

Selain mengangkat kisah sejarah Islam Nusantara pada masyarakat, inovasi yang dikembangkan Iffah untuk mendukung perkembangan dunia batik di Tanah Air. Iffah juga telah memiliki ide lain untuk mengisi motif kain batiknya yang akan segera diproduksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.