Sukses

VIDEO: Siswa Indonesia di Jeddah Betah di Sekolah karena Ini

Dengan 49 staf pengajar dan karyawan, sekolah Indonesia di Jeddah, mampu meluluskan siswa berprestasi.

Liputan6.com, Jeddah - Bel masuk berbunyi tanda pelajaran segera dimulai, para siswa, anak-anak berkewarganegaraan Indonesia yang tinggal di Jeddah Arab Saudi, bersiap menerima pelajaran.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (21/9/2016), tak hanya berseragam merah putih sekolah dasar, bahasa pengantar maupun buku pelajaran mereka juga berbahasa Indonesia.

Sejak dibangun tahun 1964 lalu, sekolah Idonesia telah tiga kali berpindah lokasi. Saat ini berada di kawasan Baghdadiyah. Tak kurang dari 1.500 siswa bersekolah di sini.

"Sekolah artinya kalau di rumah, mungkin tidak ketemu dengan teman-temannya sesama Indonesia. Mereka bercengkerama, bermain di sekolah. Jadi itu yang membuat mereka betah di sekolah dan susah kalau disuruh pulang ke rumah," kata Sugiono, kepala Sekolah Indonesia di Jeddah.

Para siswa juga bisa mengikuti ekstrakulikuler paskibra, olahraga dan kesenian. Jika lelah, bisa mampir ke kantin yang juga menjual santapan khas tanah air seperti bakso dan batagor. Makanan ini membuat siswa betah berada di sekolah hingga sore.

Dengan 49 staf pengajar dan karyawan, sekolah Indonesia mampu meluluskan siswa berprestasi. Rencananya sekolah Indonesia akan memperluas bangunan agar lebih banyak anak Indonesia bisa bersekolah di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.