Sukses

VIDEO: TNI AU Datangkan 5 Pesawat F-16 dari Amerika Serikat

Para pilot dari US Air Force yang menerbangkan 5 jet tempur F-16 langsung disambut komandan Lanud Iswahyudi Marsekal Pertama TNI Andiawan.

Liputan6.com, Madiun - Kekuatan pertahanan udara Indonesia bertambah setelah 5 unit jet tempur F-16 Fighting Falcon yang dibeli dari Amerika Serikat tiba di Pangkalan Udara Militer Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. Hingga Desember 2017, TNI Angkatan Udara akan mendapat tambahan 24 pesawat tempur F-16.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (22/9/2016), tiba di areal taxi Apron Skuadron 3 Lanud Iswahyudi, para pilot dari US Air Force yang menerbangkan 5 jet tempur F-16 langsung disambut komandan Lanud Iswahyudi Marsekal Pertama TNI Andiawan. 

Sebagai tanda kehormatan, setiap pilot F-16 mendapat karangan bunga dari komandan Lanud Iswahyudi. Satu dari 9 unit F-16 yang datang lebih awal sempat mengalami kecelakaan hingga menewaskan 2 pilot saat menjalani latihan di Halim Perdanakusuma, Jakarta beberapa waktu silam.

Pengiriman 5 pesawat tempur F-16 tersebut sempat tertunda 4 hari dari jadwal semula. Diharapkan, tambahan armada F-16 ini akan menambah kekuatan pertahanan udara Indonesia.

Rencananya, 5 jet tempur F-16 terbaru milik TNI Angkatan Udara ini akan ditempatkan di 2 base, yakni skuadron 3 Lanud Iswahyudi, Madiun dan Skuadron 16 Pekanbaru, Riau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.