Sukses

VIDEO: Jelang Pilkada 2017 di Aceh dan Yogyakarta

Dengan mendaftarnya Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa, ada tiga pasangan independen dan tiga pasangan yang diusung koalisi partai politik.

Liputan6.com, Aceh - Pasangan Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa menutup pendaftaran pasangan bakal calon gubernur Aceh yang berakhir pada Jumat petang. Pasangan bakal calon yang maju lewat jalur perseorangan ini hanya diantar beberapa puluh pendukung yang sebagian besar mantan pejabat di Aceh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (23/4/2016), tak ada arak-arakan dan yel-yel. Bahkan pasangan ini tak menyertakan isteri masing-masing saat mendaftarkan diri. Pasangan bakal calon yang maju lewat jalur perseorangan ini hanya diantar beberapa puluh pendukung yang sebagian besar mantan pejabat di Aceh.

Meskipun sudah resmi mendaftar, Puteh belum bisa ditetapkan sebagai calon gubernur karena pasangan ini harus mengumpulkan kekurangan minimal 158 ribu dukungan dari pemilih. Mantan gubernur aceh periode 1998-2003 ini yakin bisa memenuhi persyaratan tersebut.

Dengan mendaftarnya Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa, ada tiga pasangan independen dan tiga pasangan yang diusung koalisi partai politik.

Sementara itu, Di Yogyakarta, setelah sehari sebelumnya wakil wali kota petahana Imam Priyono mendaftar ke KPU Yogyakarta sebagai peserta pilkada tahun 2017, kini giliran wali kota petahana Haryadi Suyuti yang mendaftar ke KPU untuk bertarung dengan wakilnya sendiri.

Haryadi berpasangan dengan ketua DPC PAN Yogyakarta, Heroe Purwadi. Pasangan ini diusung 6 parpol besar yaitu, Golkar, PAN, PKS, Demokrat, Gerindra dan PPP. Dengan dukungan parpol ini, Haryadi optimistis bisa kembali memenangi Pilkada di Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.