Sukses

VIDEO: Sejumlah JPO di Jakarta Tidak Terawat dengan Baik

Jembatan penyebrangan orang di Jatinegara dan Tebet tidak terawat dengan baik, mulai dari kondisi kotor hingga aturan pemasangan reklame.

Liputan6.com, Jakarta - Masih banyak fasilitas umum berupa jembatan penyeberangan orang di Ibu Kota Jakarta yang kondisinya memprihatinkan karena tidak terawat dengan baik. Mulai dari kondisi yang kotor, berlubang hingga pemasangan reklame yang diduga menyalahi aturan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (27/9/2016), jembatan penyeberangan Pasar Jatinegara ini hanyalah satu dari sekitar 300 an jembatan penyeberangan orang (JPO) yang sengaja dibangun untuk menunjang kegiatan warga. Namun, kondisinya tidak terawat dengan baik.

Tak hanya konstruksi fisik yang berkarat dan berlubang, sampah juga terlihat di bagian sudut jembatan. Ulah tangan-tangan usil juga meninggalkan jejak di beberapa bagian fasilitas umum ini.

Kondisi serupa juga nampak di JPO kawasan Tebet. Selain berkarat, papan reklame dengan ukuran cukup besar menempel pada railing jembatan. Kondisi ini membahayakan karena menambah beban konstruksi jembatan hingga rentan roboh.

Bercermin dari kasus ambruknya JPO di Pasar Minggu, akhir pekan kemarin, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tak membantah ada jajarannya yang bermain mata dengan pihak pengiklan.

Sementara hingga kini, polisi masih mendalami kemungkinan adanya kelalaian dalam pembangunan atau dalam hal perawatan jembatan. Polda Metro Jaya segera memanggil Kadishub DKI Jakarta untuk dimintai keterangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.