Sukses

VIDEO: Bromo Berstatus Siaga dan Keluarkan Sulfur Pekat

Kepala pos pengamatan Gunung Bromo mencium adanya sulfur yang cukup pekat dan membahayakan.

Liputan6.com, Probolinggo - Meski terlihat tenang dan hanya mengeluarkan asap putih berintensitas sedang, aktivitas vulkanik Gunung Bromo yang terpantau dari Cemoro Lawang, Probolinggo, Rabu pagi, 28 September 2016, terus meningkat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (29/9/2016), tinggi asap berkisar antara 50 hingga 200 meter dari dari puncak kawah ke arah barat daya.

Pos pengamatan gunung api Bromo di Cemoro Lawang, Probolinggo, mencatat
adanya gempa tremor dengan amplitudo 0, 5 hingga 4 milimeter. Tak ada gemuruh atau dentuman dari kawah gunung, seperti saat Gunung Bromo erupsi beberapa bulan lalu.

Namun Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Bromo mencium adanya sulfur atau SO2 yang cukup pekat dan membahayakan.

Peningkatan status Gunung Bromo dari Waspada menjadi Siaga mengakibatkan warga atau wisatawan tidak bisa menikmati wisata Bromo dari jarak dekat.

Sementara di Lombok, Nusa Tenggara Barat, peningkatan aktivitas Gunung Baru Jari, anak Gunung Rinjani dilaporkan tidak berdampak pada operasional Bandara Internasional Lombok, Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

Hingga Rabu siang, 28 september 2016, bandara internasional tersebut tetap beroperasi normal. Pihak Angkasa Pura memutuskan tidak menutup aktivitas bandara, karena aktivitas Gunung Baru Jari, sejak pagi ini dilaporkan normal kembali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.