Sukses

VIDEO: Danau di China Berubah Warna Setiap Akhir September

Warna air di danau garam di Yuncheng, Provinsi Shanxi, China, setiap tahun di akhir September, akan berubah jadi merah tua.

Liputan6.com, Yunchen - Warna air di danau garam di Yunchen, Provinsi Shanxi, China, setiap tahun di akhir September, akan berubah jadi merah tua. Perubahan warna itu bertahan cukup lama.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (30/9/2016), semakin panas cuaca, maka semakin lama warna merah danau akan bertahan.

Ternyata, air danau yang memerah warnanya itu akibat adanya semacam ganggang yang dikenal dengan nama Dunaliella salina.

Danau Garam Yunchen terbentuk sekitar 500 juta tahun lalu. Danau ini merupakan danau garam atau danau dengan kandungan sodium sulfat terbesar ketiga di dunia.

Selama empat ribu tahun warga setempat biasanya mengekstrak garam dari Danau Garam Yunchen. Selain itu mereka juga berenang mengapung di danau tinggi garam yang kerap disebut Laut Mati China itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.