Sukses

VIDEO: Museum Batik Danar Hadi Simpan Ratusan Koleksi Batik Kuno

Di Museum Batik Danar Hadi terdapat ratusan koleksi kuno yang sudah ada sejak tahun 1840 hingga tahun 1910.

Liputan6.com, Solo - Sejak 2 Oktober 2009, UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya. Sehingga pada hari ini, Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Bila Anda saat ini berada di Kota Solo, Jawa Tengah Anda bisa merayakan Hari Batik Nasional dengan mengunjungi museum batik. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (2/10/2016), di Museum Batik Danar Hadi terdapat ratusan koleksi kuno yang sudah ada sejak tahun 1840 hingga tahun 1910. Museum yang terletak di Jalan Slamet Riyadi ini memiliki 11.000 potong koleksi batik pribadi.

Di museum batik ini terdapat 1.500 potong batik kuno yang diperoleh dari koleksi pribadi kurator Museum Troupen Belanda dan dikumpulkan selama 30 tahun.

Tidak hanya koleksi batik, di museum ini juga memamerkan proses membatik, baik batik tulis maupun batik cap. Selain didirikan dengan tujuan melestarikan dan pengembangan batik, keberadaan museum batik kuno ini kini menjadi sarana pendidikan untuk generasi muda serta rujukan pecinta batik di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.